Rizki yang takterduga tukang cukur

Menjalankan Pekerjaan non formal yang saya rasakan di dua tahun terkahir hingga sekarang ini banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran, setelah memutuskan berhenti dari pekerjaan sebagai karyawan swasta di perusahaan ternama di pulau burung RIAU. Keputusan saya untuk berhenti ini semata karena orang tua, meskipun saya harus merelakan karirku di perusahaan yang sangat menjanjikan, namun tidak menyurutkan keputusan saya tetap balik ke kampung halaman untuk mencari pekerjaan seadanya demi menghidupi kebutuhan sehari- hari. Hingga akhirnya pekerjaan yang saya pilih adalah menjadi tukang pangkas rambut. Ada hal yang saya rasakan selama saya menjalankan pekerja non formal yaitu mendapatkan rezeki yang tak terduga dari pelanggan yang dermawan.

Credit ilustrasi : pixabay
Tahun lalu tepatnya pada bulan ramadahan 1440 hijriyah, pada pagi hari sekitaran pukul 09:00 wib  datanglah seorang pelanggan laki- laki paruh baya yang tidak di sebutkan namanya. Kedatanganya saya sambut dengan senang hati lalu saya mempersilahkan beliau duduk, setelah beliau duduk sembari proses mencukur saya ajak si bapak ngobrol.

Saya : bapak dari mana ?
Si bapak : saya dari tanjung balai.
Saya : apa kegiatan hari - hari pak ?
Si bapak : tidak di beri tahu lebih spesifik pekerjaanya dan saya tidak ingin mencari tahu lebih dalam.
Si bapak balik bertanya : mas asli sini ya ?
Saya : iya pak !
Si bapak : ooo udah lama mangkas disini?
Saya : belum ada satu tahun pak !
Si bapak : sebelumnya buka dimana ?
Saya : dulu saya di pulau burung RIAU pak !
Si bapak : oh ! Buka pangkas juga disana ?
Saya : tidaklah pak ! disana saya kerja jadi karyawan perusahaan, kalo mangkas cuma teman- teman kost aja pak !
Si bapak : loh kenapa berhenti ! kan sudah enak disana udah krayawan lagi.
Saya : iya sebanarnya memang di sayangkan kalau harus meninggalkan pekerjaan, namun disisi lain saya memang harus pulang untuk menjaga orang tua. Makanya saya tetap milih pulang dan jadi tukang cukur.
Si bapak : oh iyalah, bagus mas. Selagi masih hidup jangan sia- siakan kesempatan untuk berbakti kepada mereka.

Percakapan kami pun berlangsung hingga selesainya cukur rambut si bapak, beliau sempat bertanya berapa harga pangkas? kok di daftar harganya nol !! Heheh iya pak gratis jawabku sambil bercanda. Lalu saya sampaikan bahwa harga cukuranya Rp 15.000,- saja pak!
Si bapak menyodorkan uang Rp 50.000. ucap saya, "Sebentar ya pak ada kembalianya" .
Si bapak bilang, "sudah ndak usah ambil aja semua". ucap ku, wah besar sekali pak. dan beliau bilang ambil aja rezeki untukmu. "Trimakasih" ucapku  ke bapak yang dermawan tersebut. 

Jikalau anda nilai uang segitu memang tidak lah seberapa dibanding dengan kelasnya brebershop. Namun untuk sekelas tukang cukur itu sudah sangat besar, entah dasar apa beliau mau bersedekah kepadaku dan disisi lain Saya tidak mempermasalah atas dasar apa beliau bersedekah. yang saya nilai hanya kebaikan dan kedermawan beliau sampai beliau sangat menghargai apa yang ada dalam diri saya.

Tepat di tahun ini di bulan Ramadhan 1441 hijriyah hari sabtu tanggal 16 beliau datang lagi ke pangkas rambut ku, seperti biasa beliau minta di cukur pendek. Proses pencukuran berlangsung sembari kami saling ngobro- ngobrol santai, selang waktu beberapa menit selesailah pencukuran rambut si bapak. Saat pembayaran beliau lagi- lagi menyodorkan uang Rp 50.000,- lalu saya bilang "sebentar ya pak ada kembalianya", beliau pun langsung bilang udah mas ambil saja semua. Namun kali ini bukan saya yang menolak rezeki, tapi lebih ke profesional saja dengan secara langsung saya bilang. Maaf pak ini ambil saja kembalianya, kemarinkan bapak sudah kasih uang segini. masak sekarang ngasinya segini lagi, Beliau langsung bilang oh gitu ya!! Ehh Tapi sampean masih ingat ya kemarin? Iya pak ingat donk pak, sekali lagi trimakasih pak!! Beliaupun langsung beranjak sembari ucapkan trimkasih kembali.

Kesimpulan

Tetaplah bersyukur apa yang telah Allah s.w.t gariskan dalam hidup ini, sebagai hambanya kita hanya di tuntunt untuk selalu istiqmah dan ikhtiar. Ingatlah Allah s.w.t tidak tidur dia maha mengetahui lagi maha penyayang, sayangi orang paling berharga dalam hidup anda seperti ibu/ bapak dan keluarga maka Allah akan memberikan beruapa nikmat rezeki dari berbagai sudut yang tidak di sangka- sangka.


Terimakasih atas kunjunganya agar kiranya bisa menjadi motivasi kita semua agar tetap menjalani hidup dengan bersemangat dan berpikiran positif, jangan lupa untuk berdoa dan berusaha agar apa yang kita jalani mendapat barokah serta rasa syukur. Dan jangan lupa dukung terus blog INFO NONGOL agar berkembang kedepanya, bagikan ke sosial media yang tertera di akhir artikel ini. Oke jangan lupa becermin dan salam ganteng.
Purwanto
Purwanto Cah kuper