Mengenal admin blog infonongol

Terlahir dari anak ke-2 dan terakhir setelah di tinggal adik yang telah meninggal sejak ia lahir kedunia, Saya lahir di pulau Kundur, Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Saya keturunan jawa, Nama saya PURWANTO yang masih aktif ngeblog sekaligus menjadi admin infonongol.com.

Purwanto

Pendidikan formal terakhir saya Madrasah aliyah Al- Huda tanjung batu Kec.Kundur, Setelah tamat saya memutuskan untuk bekerja di Kota Batam dan berkeinginan untuk kuliyah. Pada bulan agustus tahun 2013 saya sempat merasakan bangku kuliyah selama dua semester setalah itu saya berhenti karena keadaan dan sesuatu hal.

Sebelum aktif menjadi seorang blogger pemula, saya mengenal blog pertama kali di ajarkan oleh teman semasa kuliah pada tahun 2013, kebetulan pada saat itu jam pelajaran kuliah kami web design. Dia (temanku) memperkenalkan dan mengajarkan bagaimana cara mendaftar berikut mengelola blog di platform blogger, Hingga akhirnya saya pun berhasil membuat blog pribadi yang dulunya keextensinya subdomain lebih tepatnya infonongol.blogspot.com.

Kisah pahit mengelola blog infonongol

Pada saat setelah mendaftar blog juga tidak langsung auto pinter , oleh karenanya saya pun kebingungan bagaimana cara meneruskan apa tujuan blog yang sudah di buat. Sampai akhirnya tidak ada satupun niche yang akan di terapkan, karena domain name sudah terbuat denga nama infonongol jadi mau tak mau harus memutuskan untuk mengisi konten sementara dan isinya gado- gado atau campuaran seperti yang anda lihat. Sampai saat ini blog saya yang masih noob dan recehan ini tetap saya isi dengan informasi-informasi umum, tutorial blog, adsense, android, religi dan tutorial pangkas rambut yang baru- baru ini untuk konsisten menulis tentang seputar pangkas rambut.

Menganal admin blog infonongol
Tampilan lawas blogku

Pada saat itu kesulitan yang saya rasakan pertama kali untuk mengembangkan blog ini salah satunya adalah update/nulis artikel, mencari ide artikel, kemudian ditambah lagi waktu dan kesempatan untuk nulis juga sangat sedikit karena pembagian waktu antara ngeblog dan kerja sehari- hari. Waktu itu juga tulisan artikel yang saya bagikan baru satu saja itupun hasil artikel kopi paste dari situs orang. "Ssst jangan di tiru ya bos itu tidak baik".

Kegiatan copas di sebabkan oleh sebuah tindakan wajar karena masih pemula dan bingung mencari materi, kemudian alasan lain juga karena males nulis. Ya udah lah dengan isi artikel seadanya dan saya kira cukup, setelahnya saya mencari mencari kegiatan lain selain nulis. Maka Untuk itu saya memutuskan untuk optimasi tampilan blog, yaitu bagaimana caranya hasil tampilan situs blog saya itu terlihat keren. 
Tapi apa? Kesulitanpun juga terasa pada proses ini , bagaimana tidak!  dengan hanya di perkenalkan tentang blog dari teman saja tidak cukup, karena untuk mengembangkan blog yang bagus tidak cukup hanya bermodalkan ngulik di internet, tapi setidaknya ada orang yang lebih paham dan berpengalaman untuk membimbing. Tapi ternyata hasil sulit untuk mencari orang saya cari, tidak sampai putus asa saya pun mencari ilmu tambahan dengan cara membeli buku tutorial tentang seputar blog.

Setelah pembelian buku itu berhasil, sempat saya baca dan pelajari hingga beberapa lambar hanya sekedar baca dan tak ada hasil apa yang sudah saya baca huuuuuhh. Hasil buku yang saya beli akhirnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Berharap dengan adanya buku nantinya bisa membantu, tapi hasilnya nihil. Buku yang saya beli hanya di lihat dan sedikit yang saya baca, ditambah lagi dengan kurang minat membaca saya membuat jenuh dan putus asa, akhirnya saya tinggalkan buku itu sambil berfikir usaha apa lagi agar bisa membuat tetap bersemangat membangun blog saya.

Rasa penasaran terus terngiang dalam benak fikiran, perjuangan apa yang harus aku lakukan untuk hasil yang maksimal. Kembali lagi ke metode awal yaitu ngulik di internet, sesekali di saat ada waktu luang sepulang kerja saya mampir ke warnet untuk membaca tutorial yang ada di beranda Google. Waktu itu barulah sedikit tau tentang bagaimana mengganti template yang bisa di download secara gratisan, lalu sedikit demi sedikit memposting tulisan dan hasil nya seperti ini.

Mengenal admin blog infonongol

Keadaan patah semangat datang lagi seiring berjalan waktu, dengan banyak sekali kendala yang terutama sepi pengunjung alias tidak ada yang baca tulusan saya. Sampai akhirnya di awal tahun 2015 saya sempat vakum dan tidak lagi mengurus blog, namun pada bulan agustus di tahun tersebut saya sempat posting satu artikel tentang cara bikin hiasan janur dan setelah itu saya mandeg dari ngeblog, singkat cerita di bulan agustus tahun 2018 saya iseng membuka dashboard blogger saya, dan ternyata pengunjung yang melihat atau membaca tulian saya puluhan ribu orang yang baca. Nah, disitu saya bersyukur dan girangnya bukan main alahamdulillah ya allah.

Sampailah kisah perjuangan ngeblog berbuah manis.

Kesenangan terasa setelah salah satu postingan artikel saya mendapatkan ribuan pengunjung, saya mencoba untuk mendaftarkan Google Adsense. Apa itu Google adsense? Berikut saya share bagaimana mengenal Google Adsense versi saya.

Dengan begitu saya langsung coba mendaftarkan Akun Google Adsense, setelah berhasil terdaftar. Langsunglah saya tautkan blog ke Adsense, proses review site tak berlangsung lama. Kurang dari satu minggu blog saya ketrima dan langsung bisa menjadi kontributor sebagai Publisher Adsense dan mulai mendapat penghasilan dengan menempelkan kode iklan yang sudah di sematkan di HTML blog, Nah di bawah ini iklan perdana di blog infonongol.

Sembari update artikel dengan target seminggu 3 kali berharap eraning meningkat. Namun apa yang terjadi, kisah manis ini belum berujung manis yang sesungguhnya. Sebap apa? Earning pada Adsense saya perhari belum maksimal, bisa di perkirakan Rp.0 hingga puluhan rupiah saja. Duh sedih kan!!

Semangat pun kembali down, huuhh sabaaar! Setelahnya apa yang saya lakukan? Yaitu terus ngulik di berbagai forum media sosial sperti group facebook, search di Google dan menonton tutorial di youtube terkait bagaimana cara meningkatkan penghasilan adsense. nah, dari situmulailah berbenah lagi dengan update artikel rutin, optimasi blog dan Adsense. Kemudian terakhir saya merubah tampilan blog saya dengan mengganti template/ tema premium terbaik yang  harganya waktu itu Rp.170.000. Dengan tampilan baru sekaligus paket lengkap optimasi didalamnya membuat blog semakin kece dan simple.

Semua tahapan perbaikan yang saya jalani dapat membuahkan hasil sedikit lebih meningkat dari yang sebelumnya. Ya boleh lah! Itung itung bisa nyenangkan hati karena jerih payah yang saya lakukan. Keadaan akun Adsense saya sekarang masih dalam tahapan proses verifikasi alamat agar biaya penghasilan bisa di cairkan, kedepanya mudah-mudahan bisa di verifikasi dan tidak ada penangguhan penghasilan amiiin.

Update terbaru : Bahwa nama domain di blog ini sudah berganti ke top level domain, jadi secara ejaan domain di baca dengan infonongol.com . Biar lebih profesional gitu heheh.

Biarlah Cerita ini di simpan di buku elektronik blog pribadiku, agar nantinya bisa di kenang dan bisa di baca oleh semua orang yang mengunjungi blog ini, sekiranya blog ini bermanfaat  silahkan share melalui sosial media yang ada di akhir artikel di bawah ini. terimaksih dan semoga bermanfaat.
Purwanto
Purwanto Cah kuper