Bus kayu yang masih beroprasi

Moda transoprtasi umum di era moderen sangat banyak seperti kebanyakan yang kita lihat di jalan raya seperti bus, taksi, kereta api, kereta listrik dll. nah sebelum moda transoprtasi umum yang di contohkan di atas mengalami pembaharuan, mungkin dari kebanyakan orang tidak tau kalo transportasi seperti bus yang sekarang sudah sangat moderen. Untuk teman - trman ketahui bahwa dulunya ada salah satu pabriakan transportasi umum dengan berbahan kayu kombinasi besi dan logam di bagian body, jadi moda transportasi yang di maskud itu adalah bus kayu yang masih beroprasi di beberapa daerah seperti di tempat saya pulau kundur kabupaten karimun provinsi kepulauan riau.

Dari kebanyakan yang pernah saya lihat transportasi umum ( bus kayu) yang ada di daerah kabupaten karimun dan sekitarnya umumnya pabrikan dari sebuah brand TOYOTA pada kisaran era tahun 1980 - 1995, kita tau bahwa pabrikan dari toyota ini terkenal dan sampai sekarang dengan produk- produk terbarunya, namun bus- bus yang sebagaian besar berbahan kayu ini masih wara- wiri sebagai angkutan umum di daerah antar wilayah luar dan dalam kota di pulau karimun, tampak dari gambar di bawah ini bus kayu yang sudah di recover atau di cat ulang agar lebih menarik dengan tidak merubah bentuk dari aslinya.

Bus kayu

bas kayu sebutan khas dari masyarakat karimun dan pulau kundur sangat melekat karena sebutan bas kayu yang berarti bus, nah sebutan bas ini di ambil dari bahasa mayoritas di daerah setempat yaitu bahasa melayu.

Merasakan kerseruan menaiki bus kayu/ bas kayu waktu itu saat liburan sekolah madrasah ibtidaiyah stelah usai pengambilan rapor tahun 2000 di pulau kundur tempat kelahiran saya, nah untuk mengunjungi pantai pihak sekolah menyewakan bas kayu sebagai transoprtasi untuk berwisata, itulah pertama kali saya menaiki bas kayu yang sangat fenomenal dan masih eksis hingga sekarang.

Bas kayu jadul

Bas yang berpaduan bahan kayu, besi dengan body logam dengan design khas bagian kaca depan di bagi menjadi dua bagian sehingga memungkinkan untuk bisa dibuka tutup agar udara bisa mengalir, kemudian kursi penumpang di buat membujur berhadapan yang juga berdominan berbahan dasar kayu.

Yang lebih luar biasanya pihak pengelola daerah krimun dengan moda transportasi jadul ini menjadi salah satu daya tarik para pengunjung atau wisata lokal maupun asing yang berkunjung untuk menyewa jasa transport sebagai sarana bepergian, karena bentuk nya unik dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi, tidak sedikit orang yang ingin sekedar mengabadikan Momen foto- foto untuk kenang- kenangan diabadikan dalam smartphone atau bisa di jadikan pengalaman dan di tuangkan ke tulisan elektronik/ blog seperti saya hehehe.

Thanks udah berkunjung dan mebaca pengalaman pribadi saya, tapi jika anda ingin merasakan keseruan dan penasaran melihat daan menaiki bas kayu silahkan datang aja ke tanjung balai kabupaten karimun kepulauan riau.
Purwanto
Purwanto Cah kuper

Posting Komentar untuk "Bus kayu yang masih beroprasi"