Cara menanam pohon kurma

Di negara indonesia khususnya mempunyai iklim yang tidak sama seperti di negara yaitu timur tengah, disana memiliki iklim yang khusus sehingga sangat cocok untuk tumbuhan seprti pohon kurma, nah bagai mana kalo pohon kurma tumbuh di iklim tropis khususnya di negara indonesia? Jawabnya adalah bisa, dari mulai penyemaian dari biji atau membeli anak pohon kurma dari jasa jual beli. Terbukti pengalaman dari saya adalah menanam pohon kurma mulai dari penymaian dari biji, tetapi biji buah kurma yang saya semai melalui media tanah tidak semuanya tumbuh, karean kita tidak tau kulitas dari biji kurma yang mana yang akan tumbuh, seperti yang saya alami biji buah kurma yang saya peroleh dari sisa membeli kurma di pasaran, tentunya dengan kulitas yang beda- beda loh. 

Seperti contoh kalo beli di pasaran ada bermacam macam bentuk dan jenis bahkan ada kurma yang di jual di pasaran itu seprti manisan kurma, untuk itu kita harus tau mana buah kurma yang masak dari pohon dan yang mana buah kurma manisan, untuk buah kurma yang manisan biasanya texturenya keras kemudian bijinya masih muda terlihat bijinya kecil sedikit berwarna cream, nah kalo buah kurma yang masak atau mateng di pohon itu rata-rata buahnya lebih besar, texture lembut dalam segi warna terlihat kurang lebih sama untuk rasanya lebih natural yang asli masaknya di pohon, kemudian warana daru biji kurma yang masak dari pohon udah tua ciri-cirinya warna dari biji tersebut berwarna coklat muda dan biji sedik lebih besar, nah biji ini yang kualitasnya sangat bagus untuk di semai.


Cerita sedikit ya sobat
Pengalaman Yang saya alami adalah kuasa dari Allah s.w.t dimana dengan berkatnya tumbuhan yang berada di timur tengah ini tumbuh di daerah di iklim tmpat saya tinggal, yaitu pohon kurma di tanjung batu tempat saya tinggal yang sudah saya pelihara sejak 11 tahun silam masih dalam keadaan tumbuh subur namaun belum berbuah.

Tampak gambar pohon kurma tahun 2018

Baiklah untuk kali ini infonongol ingin berbagi tpis bagai mana cara pemindahan pohon kurma setelah tunas tumbuh sekitar 3-6 cm, untuk penyemaian saya tidak memperlakukan khusus ya sobat karena biji dari kurma pun tidak saya pilih lagi dan bijinya saya tabur secara liar di media tanah maupun tempat buangan sampah, selang beberapa bulan tunas kurma yang berhasil tumbuh akan tmpak dari permukaan tanah dan siap di pindah kan di tempat yang kita inginkan, dalam pemindahan kita harus hati hati untuk menggali atau mengrok tanah di sekitar tunas pohon kurma, karena apabila kita menggali tanah dan terpotong akar dari pohon kurma tersebut pohon kurma akan mati dan gagal tumbuh soalnya saya perna bebrapa kali gagal ketika suda saya pindah selang bebrapa minggu pohon tersebut mati, dalam memindah kan pohon kurma kuncinya adalah dengan menggali semaian pohon kurma usahakan sampai pangkal akar tunjang dari pohon kurma dan tidak terpotong, stelah itu siapkan tempat yang telah di sediakan dan timbun dengan tanah asalnya dimana tempat asal biji kurma tunas kemudan tambah kan air untuk menyiram setelah menanam pohonkurma agar tersedia nutrisi setelah di pindahkan 

Gambar tunas pohon kurma siap di pindahkan 

Untuk perawatan kita tahu bahwa pohon kurma tahan di musim kemarau tau kering dan jangan kwatir jika pohon tersebut tidak subur, karena segala apa yang telah diciptakan oleh allah s.w.t itu tidak ada yang sia-sia jikalau dalam proses penanaman penyemaian ada kegagalan  maka terus coba lagi  berusaha dan berdoa.

Gambar pohon kurma yang baru dipindahkan 

Dengan sedikit pengalaman semoga menjadi referensi untuk sobat semua dan membantu bagi yang membutuhkan.
Purwanto
Purwanto Cah kuper

Posting Komentar untuk "Cara menanam pohon kurma"