Manfaat daun dan buah jarak pagar

Assalamualaikum wr wb. INFO NONGOL kembali lagi menyapa anda dengan berbgai informasi, kali ini Blog INFO NONGOL akan berbagi informasi tentang Manfaat daun dan buah jarak pagar

1. manfaat daun jarak pagar

Daun jarak pagar
Daun jarak pagar
Pohon jarak mempunyai batang kurang lebih dua atau tiga meter, daunnya berkisaran 5 sampai 10cm, buah dan daunya memepunyai banyak sekali manfaatnya yaitu, Salah satunya yang ingin infonongol share ke sobat adalah sebagai obat gatal.


Caranya: kita ambil daun jarak 10 lembar, kemudian cuci daun jarak dengan air dahulu, lalau rebus daun jarak dengan air 1000ml. Jika sudah mendidih, tungkan air rebusan daun jarak tersebut ke ember lalu tuangkan air dingin sehingga menjadi suam-suam kuku. Kemudian gunakan air tersebut untuk mandi.
Lakukan cara ini tiap pagi dan sore. Insyaallah dengan bertahap gatalnya akan sembuh dan hilang.

2. Manfaat buah jarak pagar

Buah jarak pagar
Selain untuk kesehatan buah jarak juga mengandung racun yang sangat berbahaya lho sob.
Untuk buah jarak pagar, salah satunya yang infonongol share ke sobat adalah selain sebagai bahan bakar pada jaman dahulu, buah jarak bisa juga lho dibuat untuk obat ambeien yang sudah kronis, caranya gampang kok. Cukup mengonsumsi bijinya ya! Dengan catatn jangan terlalu sering karena kalau berlebihan kita bisa mabok sob. Aturan konsumsinya cukup tiap pagi dan malam, jangan lebih dari itu ya sobat.

Selain itu minyak dari biji jarak bisa digunakan untuk penyakit koreng akibat jamur,gatal-gatal dan bengkak pada kulit, untuk mngatasi bengkak cukup minyak biji jarak di campur dengan minyak urut minak siap di pakai, kemudian untuk mengatasi gatal-gatal,koreng cukup hangatkan minyak biji jarak lalu oleskan ke tempat yang terkena koreng atau gatal-gatal.
Selanjutnya bagai mana cara memproses biji jarak menjadi minyak yuk mari kita simak :

  1. Ambil biji jarak sebanyak 50kg atau secukupnya untuk pemakaian atau seadanya seberapa yang ada di pohon jarak.
  2. Cuci buah jarak kemudian rebus buah jarak untuk memudahkan pengupasan biji jarak nanti nya.
  3. Belender smapi halus meng guankan mesin penghancur, belender atau manual juga boleh.
  4. Ambil hasil buah jarak yang sudah hancur lalu masukan ke dalam tempa minyak.
  5. Ambil hasil biji jarak dari tempa minyak kemudian peras ambil minyaknya.
Gimana sobat mudah kan!?? Caranya.
Baiklah semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, sampai jumpa di artikel-artikel infonongol selanjutnya ya sobat, wassalam.
Purwanto
Purwanto Cah kuper

Posting Komentar untuk "Manfaat daun dan buah jarak pagar"