Pengertian dejavu

Deja vu hmm ?? 🤔 iya!  pernahkah kalian merasakan yang namanya dejavu dan seperti apa dejavu itu, apakah sebuah penyakit atau sebuah fenomena yang lain yang ada didalam persaan yang menimpa dalam diri seseorang.

Deja vu

Menurut pemahaman dan pengalaman pribadi,  saya memaknai fenomena dejavu itu adalah sebuah fenomena alam bawah sadar hmmm.... kira-kira seprti merasakan kejadian yang nyata tetapi seprti mimpi, nah lohh bingungkan heheh, Sabar mas bro neh saya jelaskan ya, misalkan ni ya, saya lagi ada di pantai di saat bersamaan saya sedang bermain ombak yang bergelombang dan menikmati derunya suara angin. Nah kejadian itu nyata, kemudian dengan bersamaan juga alam bawah sadar saya itu mnerjemahkan bahwasanya saya pernah deh kesini dan mersakan atau mengalami kejadian disini,ditempatini,dan melakukan hal ini .

Tapi ada lho .!  yang memaknai kejadian tersebut adalah sebuah gangguan ingatan pada keseluruhan masalalu yang dapat di ingat kembali, ingatan atau memori terjadi melalui tiga tahapan yaitu penyediaan, pencatatan, penyimpanan, penahanan dan pengmbalian kembali. Contonya : saya berkenalan dengan cewek cantik hehe,  iya dong biar lebih bersemangat dan pada saat itu saya berusaha mengingat nama atau mengingat wajahnya lalu pada saat itu juga informasi saya simpan dalam memori dan tertahan. lalu keesokan  atau di kmudan hari saya mendapat rengkarnasi kejadian tersebut atau yang di maksud pengmbalian kembali informasi atau memori, nah pada saat pengembalian kembali informasi atau memori itu mendapat kesulitan dalam mengingat kejadian, sehingga bisa terjadi yang namanya amnesia atau lupa, sehingga mengakibatkan pramnesia atau dejavu.
Jadi premnsia atau dejavu terjadi karena adanya penyimpangan terhadap ingatan-ingatan lama yang diakubatkan adanya distorsi pada proses pengmbalian ingatan atau memori. Seperti di jelaskan dalam ilmu psikologi.

Nah begitu sobatku hmm mudah-mudah menjadi sedikit mengerti dan menjadi referensi ya sob, toh berbagi informasi atau pengalaman dan ilmu itu adalah pahala kan hehe.

Ternyata 60-70 % manusia di bumi ini paling tidak, pernah mengalami dejavu minimal satu kali lhoo. Jadi jika suatu saat kia mengalami dejavu, kita tak perlu lagi parno dan bertanya-tanya lagi mengapa itu bisa terjadi.
Baiklah Semoga bermanfaat sebagai kanal inspirasi untuk semua 😊
Purwanto
Purwanto Cah kuper